Wednesday, September 02, 2009

Cara Sederhana membuat VCO

Berikut saya mencoba berbagi tips memanfaatkan sumber daya alam disekitar kita yang dapat menjadi peluang usaha rumah tangga yakni pembuatan Virgin Coconut Oil/VCO.

Bahan :
6 buah kelapa yang sudah tua
A i r
Wadah Fermentasi (Botol/Galon Aqua) tembus pandang
Ragi

Caranya :
Kelapa yang sudah diparut dicampur dengan air dan diperas santannya. Proses pencampuran kelapa dan air dapat dilakukan sebanyak kurang lebih tiga kali. Santan diletakkan dalam wadah fregmentasi dan didiamkan selama 2-3 jam.
Setelah didiamkan selama 2-3 Jam, maka akan terlihat tiga lapisan santan dalam wadah fermentasi. Lapisan paling bawah adalah air, lapisan kedua adalah skim, lapisan ketiga adalah krim. Dua lapisan dari bawah (air dan skim) dibuang. Lalu, krim tetap difermentasi selama 24-48 jam. Kemudian masukkan ragi pada krim yang akan difermentasi. Setelah 48 Jam maka akan terlihat tiga lapisan baru setelah fermentasi
yaitu : Lapisan pertama adalah air (dibuang), Lapisan kedua adalah Skim (Dapat dipanaskan menjadi Minyak makan dan Blondo) sementara lapisan ketiga (paling atas) merupakan Minyak Asli Kelapa (VCO). VCO sangat mujarab untuk mengobati bermacam penyakit hanya dengan mengkonsumsinya sebanyak 2 sendok makan saja setiap hari.

Three in One
Pengolahan hasil buah kelapa dengan cara satu kali proses fermerntasi seperti ini, dapat menghasilkan tiga hasil yaitu : VCO, Minyak makan dan Blondo.

(Dirangkum oleh Albert Halawa pada pelaksanaan Pelatihan Pertanian yang diselenggarakan oleh European Commision Humanitarian-FAO-BPPT Sumut-Holiana’a)

Selamat Mencoba, Sehat Selalu !

No comments: