Monday, July 16, 2012

Pidato Pembukaan Tahun Pelajaran Baru dan Masa Orientasi Siswa


Salam Sejahtera bagi kita semua, selamat pagi, Ya’ahowu!
Yang saya hormati wakil Kepala sekolah, PKS, Wali Kelas/GMP dan Staf Tata Usaha dan Siswa-Siswi SMP Negeri 1 Lahusa, baik Siswa baru di kelas VII maupun siswa lama kelas VIII dan IX.
Puji syukur kepada Tuhan yang maha kuasa dimana atas pertolongannya kita bisa melaksanakan upacara pengibaran bendera sekaligus pembukaan tahun pelajaran baru 2012/2013 dan pembukaan MOS (Masa Orientasi Siswa) di SMP Negeri 1 Lahusa.
Tanggal 16 Juli 2012 adalah awal tahun ajaran baru 2012/2013 dan juga merupakan babak baru yang telah lama saya nantikan dalam  kehidupan saya dimana beberapa waktu yang lalu atas pertolongan dan restu dari Tuhan saya telah diperkenankan untuk membentuk sebuah keluarga baru. Untuk itu saya sangat mengucapkan terimakasih atas dukungan doa dan partisipasi dari kita semua pihak termasuk dukungan dari keluarga besar SMP Negeri 1 Lahusa.
 
Hari ini awal tahun pelajaran di Kabupaten Nias Selatan yang mana sebelumnya kita telah menikmati liburan sekolah selama kurang lebih dua minggu. Waktu yang lebih dari cukup untuk merilekskan jiwa dan raga walaupun selama dua minggu ini saya pribadi tidak menikmati santainya liburan karena pekerjaan yang senantiasa menanti.
Karena badan dan pemikiran sudah dirilekskan selama dua minggu dan sudah barang tentu rasa rindu dengan teman dan rasa kangen dengan bapak ibu guru sudah menggebu-gebu; bapak ibu guru dan terlebih siswa kami lebih semangat dalam mengikuti dan melaksanakan proses belajar mengajar. Dan saya harapkan semangat itu tidak hanya diawal tahun ini saja tetapi untuk seterusnya kita tetap semangat untuk meraih prestasi yang lebih gemilang dimasa yang akan datang.

Terkhusus untuk anak-anak saya kelas VII, siswa baru di SMP Negeri 1 Lahusa, saya mengucapkan WELL COME -SELAMAT DATANG, selamat bergabung dan selamat belajar di SMP Negeri 1 Lahusa.
Kalau tadi saya katakan bahwa Tahun Pelajaran kali ini adalah babak baru dalam kehidupan saya karena saya baru saja membentuk keluarga baru maka ini juga merupakan babak baru bagi anda dalam meniti studi, meraih prestasi sehingga kelak anda bisa menjadi orang yang berguna di keluarga, masyarakat bangsa dan negara. Tentunya, pertanyaan yang ada di pikiran anda saat ini adalah; Bagaimana caranya agar bisa berprestasi sehingga bisa berguna di keluarga, masy. Bangssa dan negara?? Kunci utamanya adalah anda sendiri bukan orang lain; Yang harus anda lakukan adalah;
1.       Anda harus belajar dengan giat. Membaca buku yang mendukung pelajaran anda dan mendukung kehidupan anda sehingga anda akan mengetahui banyak hal. seperti pepatah mengatakan ‘BUKU ADALAH JENDELA DUNIA’ orang yang rajin membaca adalah orang yang telah menanamkan rasa ingin tahu yang tingggi dalam diri anda.
2.       Berdisiplin memanfaatkan waktu (tidak membuang waktu untuk kegiatan yang tidak bermanfaat) ingat pepatah barat yang mengatakan bahwa ‘WAKTU ADALAH UANG’ dan dalam konteks pendidikan dan budaya kita orang timur saya ingin katakan bahwa ‘WAKTU ADALAH BELAJAR’.
3.       Dan terakhir, karena anda adalah baru disekolah ini, maka anda harus menyesuaikan diri dengan lingkungan SMP Negeri 1 Lahusa, itulah sebabnya selama 3 hari ke depan anda mengikuti MOS (Masa Orientasi Siswa) dimana anda diperkenalkan dengan lingkungan dan orang-orang serta struktur dan tata tertib di sekolah kita yang tercinta ini karena tempat anda belajar saat ini berbeda dengan tempat anda belajar di Sekolah Dasar dulu. Anda bukan anak SD lagi. Selama 3 hari ini, Tugas khusus anda dari saya sebagai Kepala Sekolah anda adalah; ANDA HARUS MENGETAHUI SEMUA NAMA BAPAK/IBU GURU DAN STAF TATA USAHA SMP NEGERI 1 LAHUSA, nanti akan saya tanyakan ini kepada anda setelah selesainya MOS.
Jadi, mulai hari ini anda semua sesuai dengan laporan panitia PSB bahwa siswa baru yang diterima Tahun Pelajaran 2012/2013 sebanyak 240 orang yang dibagi di dalam 7 Rombongan belajar atau 7 Kelas resmi menjadi peserta didik SMP Negeri 1 Lahusa. Saya percaya tidak ada lagi siswa yang putus sekolah apalagi program pendidikan gratis yang dicanangkan oleh pimpinan kita di tingkat kabupaten Nias Selatan. Mudah-mudahan sebanyak 240 siswa mendaftar dan diterima tahun 2012 ini demikian juga nanti di tahun 2015 akan manamatkan pelajarannya sebanyak 240 siswa juga.

Selanjutnya, kepada anak-anak saya kelas VIII dan IX, karena anda sudah lama disini sekitar 1 atau 2 tahun anda belajar disini, saya berharap sikap anda semakin baik, jadilah teladan kepada adik-adik anda, tunjukkan sikap baik yang telah diajarkan oleh bapak ibu guru kepada anda. Jangan tunjukkan kekuatan anda dalam hal adu jotos atau jangan tunjukkan perbuatan-perbuatan yang tidak terpuji, tetapi anda sebagai abang/kakak wajib melindungi dan mengayomi adik-adik kalian kelas VII, bantu mereka dalam hal belajar. Jangan sampai siswa kelas VII mengajari anda hal yang baik. Jangan malu-maluin jika anda sampai ditegur oleh adik-adikmu kelas VII oleh karena perbuatan anda yang tidak terpuji.

Bertepatan dengan awal Tahun Pelajaran baru kali ini, kita juga kedatangan beberapa orang tamu yaitu bapak/ibu guru baru, Guru Tidak Tetap yang diangkat melalui Surat Keputusan Kepala SMP Negeri 1 Lahusa. Kepada Bapak/Ibu saya ucapkan selamat bergabung dalam visi mulia ini mencerdaskan anak bangsa dengan mendidik, mengajar dan melatih.

Jadi, itu saja yang dapat saya sampaikan dalam kesempatan ini, maka dengan meminta ridho dari Tuhan yang maha kuasa, Tahun Pelajaran Baru 2012/2013 di SMP Negeri 1 Lahusa dibuka dengan RESMI...

Demikian Amanat pada pelaksanaan upacara pengibaran bendera pagi hari ini atas perhatian kita semua saya ucapkan terimakasih, Ya’ahowu!   


Bawo’otalua, 16 Juli 2012
Plt. Kepala SMP Negeri 1 Lahusa


Albertus Yosaphat Halawa, S.Pd
NIP. 198306162009031005

No comments: